Hari ke 2 (dua) Bimtek Bantuan Operasional SMP Terbuka – Region Surabaya 2019

Surabaya – Materi yang disampaikan oleh Narasumber merupakan materi materi yang menjadi pondasi pengetahuan peserta Bimbingan Teknis dalam mengelola Bantuan Operasional kedepannya. Materi – materi yang di sajikan pada Bimtek kali ini diantaranya : Kebijakan Pelaksanaan SMP Terbuka, Pengelolaan Dana Banper, Pemanfaatan Bantuan Operasional SMPT Terbuka, Asistensi RAB dan jadwal pengelolaan dana bantuan pemerintah dan penyelesaian dokumen pencairan.

Materi Pengelolaan Dana Bantuan Pemerintah pada Region 2 ini disampaikan oleh Bapak Taufik Pasaribu. Beliau memaparkan langkah – langkah yang harus di lakukan sekolah penerima Bantuan Operasional SMP Terbuka diantaranya : langkah dari proses pencairan dana bantuan, pemanfaatan dan pembelanjaan dana bantuan, pelaksanaan program kegiatan serta pelaporan pertanggung jawaban.

Materi lainnya peserta Bimtek mendapatkan wawasan mengenai Pemanfaatan Bantuan Operasional SMP Terbuka, hal ini di sampaikan oleh Bapak Amsor Abdul Karim, beliau memberikan pecerahan mengenai dana bantuan SMP Terbuka latar belakang bantuan, tujuan di berikannya bantuan, tata cara megelola bantuan pada SMP Terbuka sekolah Induk dan TKB serta lain sebagainya. Kegiatan selanjutnya  peserta Bimtek mendapatkan Bimbingan Asistensi dan Rencana kegiatan yang di dampingi oleh  narasumber dan panitia hal ini bertujuan agar sekolah mampu membuat rencana kerja yang lebih terarah dalam melaksanakan program kegiatan yang akan dilaksanakan.

Beberapa cerita yang di bagikan oleh peserta dalam kegiatan ini mengungkapkan :

, Kepala Sekolah SMPN 1 Marawis Kab. Kutai Kartanegara

Bimbingan Teknis ini sangat membantu kami dalam melaksanakan pelayanan pendidikan di kab. Kutai Kartanegara, materi yang di sajikan memberikan pencerahan kepada kami dalam melaksanakan tugas di lapangan mengenai SMP Terbuka, hal hal yang menjadi kendala di lapangan dengan bimtek ini Alhamdulillah sudah terpecahkan. Posisi TKB kami sangat sulit harus melewati sungai menggunakan perahu Boot Alhamdulillah dengan bantuan ini sangat membantu kami dalam menyelesaikan permasalah permasalahan yang selama ini kami hadapi.”.

Sri Mulyani, Kepala Sekolah SMPN 1 Bendar Kabupaten Batang Prov. Jawa Tengah

“Mengelola dan membina SMP Terbuka bukan hal yang mudah, dengan adanya Bimtek ini semua hal yang kami rasakan sulit sudah mendapat pencerahan dengan Bimtek ini.  Kendala guru pamong dan guru bina serta tata cara pengelolaan SMPT yang selama ini kami lakukan mendapat masukan dan arahan dari narasumber pada Bimtek ini. Dana bantuan operasional ini sangat kami harapkan dalam meningkatkan pelayanan mutu pendidikan di sekolah kami baik untuk transportasi, honor guru pamong dan guru bina dan lain sebagainya, sangat membantu kami dilapangan.

Bimbingan Teknis SMP Terbuka Tahun 2019 memiliki maksud mendukung pelaksanaan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun, memberikan kesempatan siswa SMP terbuka memperoleh pendidikan bermutu serta mampu meningkatkan proses pembelajaran siswa baik di TKB maupun sekolah induk.

Baca Juga  Harapan Gesima Peserta OSN Tahun 2019

Penulis : Fauzi Nur Hidayat, M.Pd

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top