Hari Anti Narkoba Sedunia 2020

Dilihat: 66

Hari Internasional Menentang Penyalahgunaan Narkoba dan Perdagangan Gelap, juga dikenal sebagai ‘Hari Anti Narkoba Sedunia’, dirayakan setiap tahun pada tanggal 26 Juni. Tema untuk tahun ini (2020) adalah “Pengetahuan yang Lebih Baik untuk Perawatan yang Lebih Baik.” 

World Drug Report 2019 sekali lagi disajikan dalam lima bagian terpisah yang membagi kekayaan informasi dan analisis yang terkandung dalam laporan ke dalam buklet ramah-pembaca individu di mana obat dikelompokkan berdasarkan efek psikofarmakologis mereka untuk pertama kalinya dalam sejarah laporan.

Tema tahun ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang masalah narkoba dunia dan membina kerja sama internasional yang lebih besar untuk melawan dampaknya terhadap kesehatan, tata kelola dan keamanan.

UNODC mendorong individu, organisasi nirlaba, sektor swasta dan Negara-negara Anggota untuk terlibat dalam kampanye media sosialnya untuk menandai hari ini dan mengundang mereka untuk memanfaatkan sumber daya yang disediakan dalam paket kampanye media sosial. 

Menengok sejarah Hari Anti Narkoba Sedunia

Perdagangan obat terlarang telah diakui sebagai masalah global yang membutuhkan solusi global pada awal abad ke-20, dengan konferensi internasional pertama tentang obat-obatan narkotika yang diadakan di Shanghai pada tahun 1909. Selama beberapa dekade berikutnya, sistem multilateral untuk mengontrol produksi, perdagangan manusia dan penyalahgunaan narkoba dikembangkan. Tiga konvensi pengendalian narkoba diadopsi di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (pada tahun 1961, 1971 dan 1988).

Komisi Obat-Obatan Narkotika (CND) dibentuk oleh resolusi Dewan Ekonomi dan Sosial (ECOSOC) 9 (I) pada tahun 1946, untuk membantu ECOSOC dalam mengawasi penerapan perjanjian pengawasan obat internasional.

Dengan resolusi 42/112 tanggal 7 Desember 1987, Majelis Umum memutuskan untuk merayakan 26 Juni sebagai Hari Internasional Menentang Penyalahgunaan Narkoba dan Perdagangan Gelap sebagai ungkapan tekadnya untuk memperkuat tindakan dan kerja sama untuk mencapai tujuan masyarakat internasional yang bebas dari narkoba penyalahgunaan.

Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Narkoba dan Kejahatan (UNODC) mendukung Negara-negara Anggota dalam menerapkan pendekatan yang seimbang, kesehatan, dan berbasis bukti untuk masalah narkoba dunia yang menangani masalah pasokan dan permintaan dan dipandu oleh hak asasi manusia dan kerangka kerja pengendalian narkoba internasional yang disepakati . Pendekatan ini melibatkan: pengobatan, dukungan, dan rehabilitasi; memastikan akses ke zat yang dikendalikan untuk tujuan medis; bekerja dengan para petani yang sebelumnya membudidayakan tanaman obat-obatan terlarang untuk mengembangkan mata pencaharian berkelanjutan alternatif bagi mereka; dan membangun kerangka kerja hukum dan kelembagaan yang memadai untuk pengendalian narkoba melalui penggunaan konvensi internasional.

Baca Juga  Pustekom Kemendikbud Raih Dua Penghargaan Top Digital Award 2019

Di Indonesia sendiri ada Badan Nasional Narkotika yang khusus menangani Narkoba yang beredar di Indonesia dan sekaligus dengan upaya pencegahan dan pemeberantasannya. Tahun ini beriringan dengan masa Pandemi Covid-19 BNN menyemarakan Hari Anti Narkoba Sedunia dengan menggelar Konser Slank #HIDUP100% dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2020. Dalam peringatan HANI tahun 2020 BNN bekerjasama dengan Slank, Kompas TV, Pos Kota, dan KitaBisa.com.

Peringatan HANI tahun 2020 yang jatuh pada hari Jumat, tanggal 26 juni 2020 akan dilaksanakan secara virtual dan disiarkan secara langsung oleh media elektronik dan melalui live streaming media sosial yang dimiliki oleh BNN dan media sosial lainnya. Diharapkan seluruh pegawai BNN dan masyarakat di seluruh Indonesia ikut berpartisipasi dan menggelorakan peringatan HANI tahun 2020 dengan melakukan kegiatan positif dalam rangka Indonesia bebas Narkoba.

Konser ini juga dimaksudkan sebagai bagian dari peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2020. Dalam kaitan peringatan tersebut, BNN Republik Indonesia mulai memperkenalkan tagline baru, yaitu HIDUP 100%. Pesan “HIDUP 100%” ini merupakan ajakan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih maksimal di segala unsur kehidupan (fisik-mental, jasmani-rohani, dunia-akhirat) dengan hidup tanpa narkoba. Lebih jelasnya, HIDUP 100% bermakna sadar, sehat, produktif, dan bahagia tanpa narkoba.

Live Streaming BNN – Konser Slank #HIDUP100% disini
Silahkan download logo peringatan Hari Anti Narkoba Sedunia disini
#FactsForSolidarity #WDD #WorldDrugDay #Hidup100% #BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

Sumber :
https://www.unodc.org/       https://www.un.org/      https://bnn.go.id/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top