Tanggapan Peserta RKAS BOS – Region 3 Makassar

Kegiatan Pelatihan dan ujicoba aplikasi penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) dan Pelatihan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk Region 3 (Makassar) berakhir pada hari ini (09/08/2019).

Materi yang disampaikan oleh para narasumber membuat para peserta antusias, salah satu adalah karena semua materi yang dipaparkan merupakan materi yang benar-benar dibutuhkan langsung oleh sekolah. Mulai dari pemaparan materi kebijakan E-Raport oleh tim E-Raport Direktorat Pembinaan SMP, pemaparan materi aplikasi RKAS oleh tim Setdijen Dikdasmen dan pemaparan materi terkait kebijakan BOS oleh tim BOS Direktorat Pembinaan SMP. Namun dari beberapa paparan materi yang disampaikan. Materi pelatihan Uji RKAS merupakan materi yang menjadi primadona yang membuat peserta seolah enggan beranjak dari kursinya.

Beberapa testimoni dari peserta setelah mengikuti kegiatan pelatihan uji RKAS ini diantaranya dari :

Suhardi, S.Pd. Guru SMPN 1 Alla, Kab. Enrekang, Sulawesi Selatan

“Dengan adanya Aplikasi RKAS kami berharap sekolah kami kedepan dapat melakukan pencatatan realisisasi secara terkontrol sesuai dengan rencana, sehingga akan memudahkan dalam proses evalusi dan pelaporan realisasi”.

Astiati, M.Pd. Guru SMPN 24 Tompobulu, Kab. Maros

“Sekolah memiliki keterbatasan dalam ketersediaan tenaga administrasi  pembukuan dan laporan, sehingga kami berharap aplikasi RKAS ini merupakan jawaban/solusi atas masalah kami, sehingga tidak terjadi lagi mendapati kesulitan waktu untuk membagi tugas antara kewajiban administrasi sekolah dengan kewajiban mengajar”.

Riska Ariany, Guru SMPN 2 Maros, Kab. Maros

“RKAS ini bagi sekolah kami hal yang baru, semoga aplikasi ini dapat membantu kami dalam membuat perencanaan, pelaksanaan penyusunan anggaran sekolah, hingga pelaporan”.

Penulis : Yanuar Asmara, M.Pd

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top