Halal Bihalal Direktorat Pembinaan SMP

Istilah halal bihalal sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia, Istilah halal bihalal berangkat dari kalimat ‘thalabu halal bi thariqin halal’ yang artinya mencari penyelesaian masalah atau mencari keharmonisan hubungan dengan cara mengampuni kesalahan. Menurut KKBBI, halal bihalal adalah hal maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa dibulan Ramadan atau bermaaf-maafan pada Lebaran yang tempat pelaksanaannya biasanya diadakan di sebuah tempat (auditorium, aula, dan sebagainya).

Bertempat di Ruang Sidang Gd. E Lantai 15, Kemdikbud. Direktorat Pembinaan SMP menyelenggarakan acara halal bihalal (14/06/2019). Acara ini merupakan ajang silaturahmi dan ajang saling memaafkan di lingkungan pegawai Direktorat Pembinaan SMP, Adapun acara kegiatan Halal Bihalal ini diikuti oleh Bapak Ibu Pejabat eselon 3 dan 4 dan seluruh pegawai Direktorat Pembinaan SMP.

Susunan acara yang dilaksanakan dalam acara bihalal direktorat Pembinaan SMP Tahun 2019 ini yaitu adanya ceramah yang disampaikan oleh Ustad Ujay, sebelum Ustad menyampaikan tausiahnya, Direktur Pembinaan SMP memberikan sambutannya kepada para pegawai dilingkungan Direktorat Pembinaan SMP.

Berikut kutipan sambutan yang disampaikan oleh Ibu Poppy Dewi Puspitawati.

“Sebagai umat manusia sudah selayaknya kita berlapang dada dan saling memaafkan, khususnya kita semua keluarga besar Direktorat Pembinaan SMP yang sudah barang tentu dalam pergaulan dan kehidupan sehari-hari mungkin melakukan hal-hal yang kurang tepat sehingga adanya rasa ketidaknyaman dihati kita, baik itu hasil dari perbuatan maupun dari ucapan kita, disengaja maupun tidak disengaja, perbuatan langsung maupun tidak langsung,

Baca Juga  Selamat mengikuti UN SMP Tahun 2019

Untuk itu dalam kesempatan yang berbahagia dan penuh barokah ini kami mengajak hadirin dan hadirat, untuk melapangkan dada, membuka hati dengan rasa sabar dan penuh keikhlasan, atas ridha Allah SWT, meminta dan memberi maaf atas kesalahan di antara kita semua, marilah kita kembali kepada fitrah yang sebenarnya, benar-benar bersih lahir bathin sehingga terjadilah rasa  persaudaraan yang harmonis, mempererat ukhuwah Islamiyah yang kekal dan abadi”

Selesai Direktur Pembinaan SMP memberikan sambutan, acara selanjutnya yakni siraman ruhani yang disampaikan oleh Ustad Ujay,

Beliau menyampaikan terkait segala sesuatu yang kita lakukan harus mengedepankan akhlak dulu kemudian ilmu, dan dipenutup tausiahnya semoga akhlak yang sudah terbentuk dari ibadah yang sudah kita lakukan selama 30 hari di bulan suci ramadhan ini terjaga bahkan terus diaplikasikan di 11 bulan selanjutnya.

Setelah siraman ruhani yang disampaikan oleh Ustad Ujay selesai, kemudian pembacaan do’a, maka berakhir juga acara halal bihalal di lingkungan Direktorat Pembinaan SMP tahun 2019.

Berikut terkait foto Halalbihalal Direktorat Pembinaan SMP, klik disini

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top