Evaluasi dan Percepatan Pelaksanaan DAK Fisik SMP – 2020

Dilihat: 123

Evaluasi dan Percepatan pelaksanaan DAK (Dana Alokasi Khusus) Fisik Pendidikan Tingkat SMP Tahun Anggaran 2020 dilaksanakan kedalam 3 tahap, Tahap Pertama dilaksanakan pada tanggal 13, Tahap Kedua pada tanggal 14 dan Tahap Ketiga pada tanggal 18 Mei 2020.

Dalam ketiga tahap kesempatan pelaksanaan Rapat Koordinasi Alhamdulillah Bapak Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hamid Muhammad, P.hD selalu hadir dan memberikan arahan serta membuka kegiatan secara langsung.

Secara garis besar pelaksanaan acara tersebut yang berlangsung secara virtual dan diikuti oleh stakeholder dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI adalah sebagai berikut :

  • Selalu menjaga kesehatan diri, keluarga, serta memperhatikan peserta didik kita dan orang di sekitar lingkungan pendidikan kita.
  • Bagi daerah-daerah yang dinyatakan aman dari Pandemik Covid-19 bersiap untuk memulai pembelajaran tatap muka namun dalam proses-nya protokol kesehatan tetap di berlakukan, seperti selalu membersihkan sekolah terlebih dahulu sebelum masuk, menggunakan masker dll. Kemungkinan sekolah menjadi 2 shif/tahap demi saling menjaga sesuai dengan protokol kesehatan serta penyedian air bersih dan sabun di lingkungan sekolah.
  • Daerah yang masih dalam kondisi tidak aman memiliki solusi : Belajar dari rumah. Hal ini harus memiliki kontrol khusus yang berkelanjutan dan evaluasi yang jelas serta harus dilaksanakan dengan benar, serta mengawal kegiatan tersebut secara maksimal. Kalender pendidikan tetap dilaksanakan sesuai jadwal, sehingga PPDB tetap dilaksanakan sesuai ketentuan dan protokol kesehatan baik secara Online ataupun Offline.
  • Perlu melaksanakan Webbinar (Menggunakan serta memaksimalkan aplikasi yang ada), hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan Pengajar/Guru kita dalam pemanfaatan teknologi sehingga dapat di implementasikan dalam dunia pembelajaran.
  • Hal yang sulit dalam kondisi sekarang ini yaitu dengan keterbatasan pada beberapa daerah seperti Internet tidak ada, aksess dll yang sulit maka dilaksanakan secara Manual yaitu dimana guru guru mendatangi rumah rumah siswa dan juga membentuk kelompok kelompok kecil dalam melaksakan pemebelajaran.
  • DAK Fisik harus dipercepat pelaksanaannya, kegiatan ini karena tidak memiliki waktu yag cukup banyak sekitar 7 bulanan lagi.  Anggaran DAK fisik untuk Kemendikbud sekitar 18.3 T dan 4,5 T berada di SMP.
  • Optimal pekerjaan walaupun dalam tengah pandemik harus tetap melaksanakan pekerjaan dengan baik dan optimal dengan menggunakan protol kesehatan.
  • Teman-teman dari pusat dan daerah saling bersinergi dalam mengontrol pelaksanaan kegiatan kita bersama.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top