SMP Terbuka 11 Tasikmalaya

Cekatannya Siswa – Siswi SMPT 11 Tasikmalaya Dalam mengolah Kerajinan Bahan Dasar Kayu

Verifikasi SMP terbuka merupakan salah satu program dari Direktorat Pembinaan SMP, yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan SMP terbuka secara data (bukan menggambarkan fisik dari SMP-SMP yang dikunjungi). Verifikasi ini dilakukan agar Direktorat Pembinaan SMP, mempunyai data yang valid (jumlah siswa, guru, program keterampilan, TKB, dll) mengenai SMP Terbuka yang masih beroperasi atau tidak. Data yang berhasil dikumpulkan ini nantinya akan menjadi data utama untuk di undang ke Bimbingan Teknis SMP Terbuka, dan nantinya akan dirumuskan besaran untuk bantuan ke sekolah-sekolah tersebut.

Pada verifikasi yang kami lakukan pada tanggal 7 s.d 10 Mei 2019 di kota Tasikmalaya, data awal (PKLK: 2018) sekolah yang terdata ada 3 sekolah, namun setelah kami Verifikasi ternyata ada 1 SMP Terbuka yakni SMPT Mekarwangi pada tahun ajaran 2019 – 2020 yang tidak akan beroperasi kembali karena tidak akan menerima siswa baru dengan alasan pada tahun ajaran ini jumlah siswa lima orang dan kelima siswa tersebut sudah mengikuti UN.

SMP Terbuka 11 Tasikmalaya memiliki TKB (Tempat Kegiatan Belajar) yang jaraknya cukup jauh dari Sekolah Induk. Program PPK dari SMPT inipun beragam, mulai dari pembuatan kerjaninan Kriya kayu berupa sandal bakiyak yang bergam modelnya.

Baca Juga  Bimbingan Teknis Pembinaan UKS - SMP 2019

Pada kesempatan kali ini kami menyaksikan siswa-siswi SMP TERBUKA 11 TASIKMALAYA menunjukan cara membuat kerjinan kriya kayu, para siswa terlihat begitu terampil dalam membuat sandal berbahan dasar kayu tersebut, tahapan demi tahapanpun dimulai dari membentuk pola sandal, melakukan pengamplasan dengan mesin, melakukan pemelituran, penjemuran, hinga finising menjadi satu karya yang memiliki nilai jual.

Bapak H. Eem Sulaeman, S.E, S.pd Selaku kepala Sekolah SMPN 11 TASIKMALAYA sekaliigus Kepala Sekolah SMPT ini menuturkan dari hasil kerajinan kriya kayu yang di buat oleh siswanya Pada tahun 2015 SMP TERBUKA 11 TASIKMALAYA pernah mejadi juara 2 lomojari Terbuka keterampilan tingkat Nasional, Beliau pun berharap pada tahun ini ada lomba – lomba sejenis diadakan dan Siswa-siswi dari sekolah ini dapat ikut berpartisipasi.

Hambatan yang dialami oleh SMP Terbuka yang berinduk di SMPN 11 Kota Tasiklamaya yang terletak di Jalan Cilendek No. 11 A Cibeureum Tasikmalaya ini adalah dana yang terbatas sehingga SMPT ini kesulitan untuk membeli bahan baku untuk membuat kerajinan.

Penulis : Muhammad Akbar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top