Cari tahu tentang PIP

Presiden Republik Indonesia melalui Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2014 telah menginstrusikan kepada Menteri, Kepala Lembaga Negara, dan Kepala Pemerintah Daerah untuk melaksanakan Program Keluarga Produktif melalui Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS), Program Indonesia Sehat (PIS) dan Program Indonesia Pintar (PIP). Pencapaian tujuan tersebut diperlukan langkah-langkah proaktif lembaga dan institusi terkait sesuai dengan tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing secara terkoordinasi dan terintegrasi untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi program untuk mencapai tujuan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sesuai dengan tugas kewenangannya melaksanakan Program Indonesia Pintar dengan tujuan untuk meningkatkan akses bagi anak-anak usia 6 sampai dengan 21 tahun untuk mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat satuan pendidikan menengah, dan mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah (drop out).

PIP diharapkan mampu menjamin peserta didik dapat melanjutkan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, dan menarik peserta didik putus sekolah atau tidak melanjutkan pendidikan agar kembali mendapatkan layanan pendidikan. PIP bukan hanya bagi peserta didik di sekolah, namun juga berlaku bagi peserta didik di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), sesuai dengan kriteris yang telah ditetapkan.

Baca Juga  Kondisi SMP Terbuka 1 Argapura - Majalengka

Tujuan dari program ini adalah untuk membantu biaya operasional pendidikan bagi peserta didik miskin atau rentan miskin yang masih terdaftar sebagai peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Peserta didik menggunakan biaya operasional tersebut untuk :

  1. Membeli buku dan alat tulis
  2. Membeli pakaian seragam sekolah/praktik dan perlengkapan sekolah (sepatu, tas atau sejenisnya)
  3. Membiayai transportassi peserta didik ke sekolah
  4. Uang saku peserta didik
  5. Biaya kursus/les tambahan bagi peserta didikan pendidikan formal
  6. Biaya praktik tambahan dan biaya magang/penempatan kerja.

Silahkan kunjungi website PIP disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top