Budaya Sebagai Pendidikan bagi Peserta OSN Tahun 2019

Yogyakarta – Penggenalan Budaya serta wisata bagi peserta OSN Tingkat SMP tahun 2019 kali ini berlansung pada Hari Kamis, 04 Juli 2019 dan tempat destinasi yang dipilih pun adalah Candi Prambanan.

Yogyakarta kota yang tidak pernah sepi dari kedatangan wisatawan, sama hal nya dengan peserta OSN kali ini yang mengunjungi Candi Prambanan dengan tujuan untuk mengenal lebih dalam suatu kebudayaan di Indonesia.

Berbagai bangunan seperti, Candi merupakan peninggalan kerajaan Hindu Budha zaman dulu yang menjadi magnet tersendiri.

Menurut pendapat Bapak Tama Enar Widyan. S., Sos. Selaku Guru Pendamping SMP Negri 5 Yogyakarta selaku tuan rumah juga beliau menyampaikan bahwa “. Anak – anak peserta OSN 2019 melakukan kegiatan wisata edukasi ini begitu antusias dan terlihat bahagia bisa bertemu dengan teman – teman seluruh Indonesia, Untuk adik adik peserta OSN tahun ini silahkan tingkatkan prestasi dan bakat kalian, raih cita-cita setinggi-tingginya, semua nya membanggakan orang tua kalian, kerabat serta provinsi”.

Beberapa permainan Tradisional juga mereka mainkan seperti Gobak Sodor, Engrang, Bakiak dan Balap Terpal. Peserta OSN pun terlihat senang dengan beberapa permainan yang telah mereka mainkan.

Baca Juga  SMP Terbuka 11 Tasikmalaya

Apalagi tadi ada yang kalah dalam permainan sehingga mendapat hukuman mencoret wajah teman yang salah hal ini agar mereka dapat lebih akrab lagi dengan peserta lainnya.

Kemudian menurut Bapak M. Faisal Eka Saputra selaku Dinas Pendidikan Riau menyatakan bahwa “kegiatan ini sangat bagus karna dapat menggenalkan kepada para peserta OSN tentang sejarah, serta menumbuhkan pendidikan karakter dengan cara mengingat tempat yang bersejarah”.

Potensi budaya yang ada di Indonesia jangan sampai punah walau dimakan oleh jaman, sebagai kaum milenial kita harus dapat terus menjaga dan melestarikan budaya tercinta kita.

Penulis : Adinda Ayu Fatimah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top