Bimtek Renovasi Region Surabaya 2019

Surabaya – Direktorat Pembinaan SMP mengadakan Pelatihan Bimbingan Teknis Renovasi di Hotel Singgasana Surabaya 7 – 10 Mei 2019, latar belakang diadakannya Bimbingan Teknis ini adalah dalam rangka percepatan penuntasan program Wajar Dikdas 9 Tahun yang bermutu dan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa serta pemerataan layanan pendidikan, pemerintah melaksanakan pembangunan prasarana pendidikan.

Program-program pembinaan pendidikan SMP yang ditangani Direktorat Pembinaan SMP, Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah, mengacu kepada visi Kemdikbud: ”Terbentuknya insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong” dan 5 misi Kemdikbud, yaitu Mewujudkan pelaku pendidikan dan kebudayaan yang kuat, mewujudkan akses yang meluas dan merata, mewujudkan pembelajaran yang bermutu, mewujudkan pelestarian kebudayaan dan pengembangan bahasa, mewujudkan penguatan tata kelola serta peningkatan efektivitas birokrasi dan pelibatan publik. Belum idealnya prasarana di sekolah, rasio sekolah-laboratorium, merupakan tantangan yang harus direspon oleh pemerintah bersama elemen masyarakat.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan SMP pada tahun 2019, melaksanakan program-program Kelembagaan dan Sarana Prasarana diantaranya adalah program Renovasi SMP.

Baca Juga  Kemendikbud Harmoni Bersama Masyarakat

Sebelum melaksanakan pekerjaan, Panitia Renovasi SMP perlu diberi pembekalan dan pelatihan untuk pelaksanaan pekerjaan di lapangan, sehingga hasil dari program-program tersebut sesuai dengan ketentuan dalam Petunjuk Pelaksanaan, Petunjuk Pelaksanaan, Petunjuk Teknis dan ketentuan lain yang berlaku. Selanjutnya Panitia Pembangunan Renovasi SMP (PRS) bersama Tim Perencana akan menyusun dokumen pelaksanaan pekerjaan yang terdiri dari gambar rencana, Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan spesifikasi teknis di dalam Rencana Kerja dan Syarat (RKS) yang akan digunakan sebagai acuan pelaksanaan pekerjaan di lapangan.

Adapun tujuan Bimbingan Teknis ini antara lain :

  1. Penyampaian informasi dan kebijakan program Direktorat Pembinaan SMP
  2. Penyampaian sosialisasi kebijakan pengawasan
  3. Memberikan pemahaman kepada anggota PRS tentang mekanisme dan ketentuan yang ada dalam pelaksanaan program
  4. Memberi pembekalan administrasi, teknis, pengelolaan dan pertanggungjawaban dana pelaksanaan pembangunan renovasi SMP bagi PRS
  5. Disepakatinya item pekerjaan yang akan dilaksanakan oleh Sekolah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top