Bimtek Penguatan Pengelolaan Ekstrakulikuler – Region Semarang

Semarang  – Pembukaan  Bimbingan Teknis Penguatan Pengelolaan Ekstrakulikuler SMP Tahun 2019 diawali dengan pemberian laporan panitia oleh Ibu Sulastri, S.Pd., M.Si., selaku Kasi Pembelajaran Subdit Kurikulum. dan resmi dibuka oleh Bapak Sukamat, S.Pd., M.Si., selaku Kepala LPMP Jawa Tengah dan Kasi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan.

Dalam laporannya Ibu Sulatri, S.Pd., M.Si., memberitahukan bahwa kegiatan ini dilatar belakangi oleh upaya untuk menjawab tantangan mutu pendidikan, penyelenggaraan kegiatan pendidikan diharapkan memperhatikan dan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik menyongsong masa depan, dengan mengintegrasikan kecakapan pada abad ke-21, antara lain, karakter, literasi, dan kompetensi 4 C (critical thingking, creativity, communication, collaboration), sebagai upaya untuk menjawab tantangan pendidikan, maka salah satu strategi pembinaan pendidikan adalah dengan meningkatkan kualitas SDM yang salah satunya adalah kemampuan IPTEK dalam menyongsong era globalisasi dengan memfasilitasi sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran yang kreatif, inovatif dan sesuai tuntunan jaman. Sejalan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakulikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, menyebutkan bahwa pengembangan potensi peserta didik, pengembangan program dan kegiatan ekstrakulikuler dalam kurikulum 2013 dikelompokan berdasarkan berdasarkam ekstrakulikuler  wajib dan ekstrakulikuler pilihan.

Baca Juga  Berkenalan dengan SMP Terbuka Hantakan

Tujuan dari bimbingan teknis ini adalah untuk meningkatkan kapasitas sekolah dalam mengelola potensi peserta didik sesuai bakat dan minatnya, baik melalui intra maupun ekstrakulikuler. Peserta yang hadir pada kegiatan Bintek Ekstrakulikuler berjumlah 147 peserta yang terdiri dari 47 Kepala Sekolah, 37 guru Seni Budaya, 30 guru PJOK, dan 30 guru Bahasa Indonesia.

Dalam meresmikan acara tersebut Bapak Sukamat, S.Pd., M.Si., selaku Kepala LPMP Jawa Tengah menyampaikan bahwa kegiatan Bintek Penguatan Pengelolaan Ekstrakulikuler di Semarang merupakan perpanjangan tangan dari Kemendikbud. Terkait dengan ekstrakulikuler yang kita perhatikan beberapa tahun ini seperti mati suri, karena berkurangnya bakat dan minat peserta didik dalam kegiatan ekstra. Untuk menyiapkan dan mengejar keterbelakangan di Indosia yang akan dipediksi akan mencapai titik generasi atas bonus demografi yang akan terjadi pada tahun 2045, Kemendikbud mengupayakan pengembangan mata pelajaran ekstra yang ada di sekolah seperti Seni Budaya, PJOK, dan Bahasa Indonesia.

Penulis : Shesvika Putri Anjani
Foto : Arraafi, S.Kom

 

1 thought on “Bimtek Penguatan Pengelolaan Ekstrakulikuler – Region Semarang”

  1. Suparno,S.Pd

    Mas Arrafi Yth. Mhon tlong klo video bimtek eks reg smrg slesai, sy minta/mhon d bgi..trims

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top