Bimtek Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Guru SMP Satap Region Ambon

Ambon – Direktorat Pembinaan SMP menyelenggarakan Bimtek 4 (empat) Mata Pelajaran region Ambon, pada tanggal 15 Juli 2019 hingga 19 Juli 2019. Kegiatan Bimtek region Ambon dibuka secara resmi oleh Ibu Ninik Purwaning Setyorini selaku Kasubdit Kurikulum, Direktorat Pembinaan SMP. Dalam kegiatan pembukaan kegiatan Bimtek hadir juga Bapak H. Achli A. Jasim, selaku Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Maluku. Bapak H. Achli A. Jasim berharap bahwa kegiatan Bimtek ini terlaksana dengan lancar, Bapak Ibu guru SMP Satap yang mengikuti mendapatkan pengetahuan sesuai dengan yang disampaikan oleh para narasumber dan pengetahuan yang didapatkan dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran di kelas.

Para peserta kegiatan Bimtek Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Guru SMP Satu Atap region Ambon berasal dari 11 Kab/kota yaitu Kab. Buru, Kab. Buru Selatan, Kab. Kepulauan Aru, Kab. Kepulauan Tanimbar, Kab. Maluku Barat Daya, Kab. Maluku Tengah, Kab. Maluku Tenggara, Kab. Maluku Tenggara Barat, Kab. Seram Bagian Barat, Kab. Seram Bagian Timur, dan Kota Tual.

Bimtek 4 (empat) Mata Pelajaran Region Ambon ini merupakan Bimtek region kedua dari 8 (delapan) region yang diselenggarakan oleh Subdit Kurikulum, Direktorat Pembinaan SMP. Kegiatan bimtek di 8 (delapan) region ini dimulai pada bulan juli hingga bulan agustus 2019. delapan region yang dimaksud yaitu region Lampung, Ambon, Makassar 1, Medan, Yogyakarta, Surabaya, Kupang, Makassar 2.

Latar belakang diselenggarakannya Bimtek pengembangan instrumen penilaian 4 (empat) Mata Pelajaran yaitu hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan K-13. Didapati bahwa masalah utama yang dihadapi oleh para guru khususnya guru SMP Satap dalam pelaksanaan K-13 adalah dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mendesain instrumen penilaian, mengolah dan melaporkan hasil penilaian, sehubungan dengan hal tersebut pemerintah melalui Direktorat Pembinaan SMP menyelenggarakan kegiatan Bimtek Pengembangan Instrumen Penilaian pada 4 (empat) Mapel yaitu mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Bahasa Inggris.

Harapan Kegiatan Bimtek ini adalah guru SMP Satap memahami tentang konsep dan implementasi kurikulum 2013, Standar Komptensi Lulusan, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar (KD), dan memahami tentang pengembangan instrumen peneltian. Dengan memahami hal tersebut harapan besarnya adalah meningkatnya kualitas pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Satu Atap secara komprehensif, baik kualitas pembelajaran maupun penilaiannya.

Baca Juga  Jambore Anak Indonesia di Malaysia ke-6

Penulis : Januar Asmara, M.Ed

1 thought on “Bimtek Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Guru SMP Satap Region Ambon”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top