Bimtek Pembelajaran Inovatif Region Banten 1 Tahun 2019

Tangerang – Direktorat Pembinaan SMP khususnya Subdit Kurikulum menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pembelajaran Inovatif di 6 bidang pelajaran yaitu  Matematika, IPA, IPS, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Prakarya dan Bahasa Inggris dari tanggal 30 Juli – 3 Agustus 2019 di Hotel Horison Ciledug, Kota Tangerang, Banten.

Peserta yang hadir pada Bimbingan Teknis Pembelajaran Inovatif Region Banten 1 Tahun 2019 berjumlah 108 orang yang berasal dari Provinsi Sumatera Selatan, Bangka Belitung dan Banten. Latar belakang diadakannya Bimtek ini yaitu dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam mewujudkan proses pembelajaran inovatif yang berorientasi pada keterampilan abad ke-21.

Pembukaan acara diawali dengan pemberian laporan berita acara oleh Dra. Ninik Purwaning Setyorini, M.A, selaku Kasubdit Kurikulum dan  dibuka  secara resmi oleh Dra. Poppy Dewi Puspitawati, M.A, – Direktur Pembinaan SMP. Beliau menyampaikan bahwa “Perlunya pembelajaran yang inovatif karena pendidikan itu tidak statis selalu ada perubahan sesuai dengan tantangan zaman revolusi industri 4.0 artinya bapak ibu guru tentu harus memiliki wawasan yang cukup untuk kedepannya. Kalau hanya menjelaskan tentang pengetahuan anak-anak bisa saja buka google apapun yang ditanyakan langsung muncul tapi itu hanya pengetahuannya saja padahal namanya proses pendidikan harus terjadi ada penanaman karakter jadi tetap gurulah yang memiliki peran yang penting. Sehingga pemanfaatan teknologi yang ada harus dimanfaatkan untuk pembelajaran inovatif, pembelajaran yang menyenangkan untuk bekal anak-anak berkembang pesat.”

Inovasi proses pembelajaran dapat dilakukan melalui metode pembelajaran yang bervariatif, antara lain dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek PjBL (Project Based Learning). Melalui pendekatan pembelajaran ini topik-topik dalam dua atau lebih mata pelajaran dapat diintegrasikan. Sehingga, proses pembelajaran akan lebih efektif karena peserta didik akan memperoleh pengetahuan secara menyeluruh dengan cara mengaitkan satu pelajaran dengan pelajaran yang lain.

Harapan dari kegiatan Bimtek ini yaitu kemampuan guru meningkat dalam menyusun rancangan pembelajaran berbasis proyek dan melaksanakan proses pembelajaran dengan baik sehingga menghasilkan peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif-inovatif, dapat berkomunikasi dengan baik, bekerjasama, dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Baca Juga  Memahami Kecerdasan Buatan (Artifical Intelligence)

Penulis : Zia Zelina

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top