Bimtek Pelatihan Panitia Renovasi Gedung Sekolah SMP 2019

Cengkareng – Pembukaan  Bimbingan Teknis Pelatihan Panitia Renovasi Sekolah Program Renovasi Sekolah Gedung SMP Tahun 2019 diawali dengan pemberian laporan berita acara oleh Bapak Cepy Lukman Rusdiana, S.Kom (Kasi Sarana dan Prasarana) dan resmi dibuka oleh Ibu Poppy Dewi Puspitawati, M.A selaku Direktur Pembinaan SMP.

Dalam laporannya, Bapak Cepy Lukman Rusdiana, S.Kom menyebutkan penyelenggaraan program pemberian fasilitas dari Pemerintah dengan tujuan untuk menyampaikan kebijakan dan sosialiasasi tentang mekanisme program dan memberikan program bimbingan admiistrasi kepada peserta. peserta yang hadir pada Bimbingan Teknis Pelatihan Renovasi Sekolah Program Renovasi Sekolah Gedung SMP Tahun 2019 berjumlah 75 orang dari 8 Provinsi yang berasal dari Pulau Sumatera dan Kalimantan Barat.

Hasil yang diharapkan dengan adanya program ini untuk memupuk pemahaman terhadap prinsip dan petunjuk pelaksanaan pembinaan dan administrasi agar setiap sekolah dapat memahami terhadap apa saja yang perlu disiapkan dalam program ini.

Ibu Poppy Dewi Puspitawati dalam penyampaiannya mengatakan bahwa pelayanan program Direktorat Pembinaan SMP dalam segi akses peningkatan aksebilitas 95-100% sudah sangat baik, kecuali 46 Kabupaten yang belum mencapai 95%. Beliau menyatakan bahwa dari hasil penelitian, tujuan akhir dari pendidikan adalah meningkatkan kompetisi siswa.

Baca Juga  CLC 007 Merotai

Pada saat ini Direktorat Pembinaan SMP akan menjalankan kerjasama penandatanganan terkait dana bantuan yang diberikan pemerintah kepada sekolah-sekolah yang  bersangkutan. Dengan adanya program tersebut Ibu Direktur menyebutkan beberapa poin penekanan yang harus diperhatikan dalam berjalannya program ini, diantaranya : adanya simbiosis mutualisme, yakni rasa saling percaya dan adanya transparansi terhadap laporan yang dibuat dengan akurat, adanya mutual respect (saling menghormati), adanya mutual understranding ( saling memahami). Dari beberapa poin tersebut ditujukan untuk menghasilkan suatu benefit, yakni terjalannya program dengan baik dan meningkatnya aksesbilitas di setiap sekolah.

Program yang disebutkan dalam kegiatan ini meliputi renovasi 100 unit sekolah, Renovasi SMP di Papua dan Papua Barat, memberikan peralatan TIK Sebanyak 750 paket. Dengan adanya pemberian peralatan TIK, diharapkan agar fasilitas TIK tidak hanya digunakan untuk kepentingan pada saat kegiatan UNBK saja, akan tetapi dapat digunakan oleh para siswa sebagai media pembelajaran.

Penulis : Shesvika Putri Anjani
Foto : Araafi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top