Bimtek Finalisasi Dokumen Perencanaan dan Penandatanganan (SPPB)

Jakarta – Pembukaan Bimbingan Teknis Finalisasi Dokumen Perencanaan dan Penandatanganan Surat Perjanjian Pembwrian Bantuan (SPPB) Program Bantuan Pemerintah Renovasi Sekolah Menengah Pertama Tahun 2019 diawali dengan pemberian laporan berita acara oleh ketua panitia oleh Bapak Cepy Lukman Rusdiana S.Kom selaku Kasi Sarana dan Prasarana – Direktorat Pembinaan SMP dan secara resmi dibuka oleh Dr. Poppy Dewi Puspita Dewi, M.A selaku Direktur Direktorat Pembinaan SMP Tahun 2019.

Dalam laporannya Bapak Cepy Lukman Rusdiana S.Kom, selaku Kasi Subdit Sarana dan Prasarana menyebutkan peserta Bimtek tersebut berjumlah 78 peserta yang terdiri dari Guru dan Kepala Sekolah yang dihadari oleh 39 sekolah dari Kota : Jawa Timur, Lampung, Aceh, Jambi, Bali, NTT, Riau, Sumetera Selatan, Lampung, NTB, dan Sumatera Utara. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 19-21 Juni 2019 di Hotel Twin Plaza – Slipi.

Ibu Dr. Poppy Dewi Puspitawati, MA. selaku Direktur Direktorat Pembinaan SMP menyampaikan beberapa hal kepada para peserta Bimtek untuk menunjukan komitmen untuk meningkatkan akses dan mutu agar siswa bisa mendapatkan pendidikan dengan baik. dalam pemaparannya beliau juga menjelaskan bahwa jika dilihat dari segi kuantitas maka yang telah di upayakan untuk memajukan pendidikan SMP telah mencapai 100%, akan tetapi jika dilihat dari segi kualitas hanya 110 sekolah dari 39.000 sekolah yang dapat terepilitasi. Parameter indeks mutu yang dijadikan penilaian adalah indeks mutu, nilai UN, akreditasi, dan hasil UKG para guru.

Baca Juga  Jambore Anak Indonesia di Malaysia ke-6

Harapannya pada 5 tahun kedepan menargetkan agar 39.000 sekolah telah mencapai pada mutu yang diharapkan. Pesan dari ibu Direktur agar dapat menjalankan program dengan baik dan komitmen agar dapat bekerjasama dalam 4 mutualisme yang harus dijaga, antara lain :

  1. Mutual Trust ( saling percaya ) : rasa saling percaya bahwa antara Kemendikbud dan pihak sekolah mampu mengelola pencairan dana dengan sebaik-baiknya.
  2. Mutual Understanding (saling memahami ) : saling memahami agar pihak sekolah memberikan lembar pertanggung jawaban laporan penggunaan atas dana yang diberikan.
  3. Mutual Respect ( saling menghormati ) : saling menghormati selaku pelaksanaan program sekolah tentang apa yang telah menjadi kesepakatan.
  4. Mutual Benefit ( manfat yang diberikan ) : dimana program dapat direalisasikan sehingga anak-anak dapat belajar dengan nyaman.

Selain itu Subdit Sarana dan Prasarana menyediakan peralatan TIK sebanyak 1.750 paket. Pada tahun ini hampir 80% Sekolah menjalani UNBK. Beliau menyampaikan pesan Bapak Menteri agar kedepannya pelaksaaan UNBK agar bisa mencapai 100%.

Berikut ini terkait foto Kegiatan Bimtek tersebut diatas, silahkan klik disini atau bisa dicek langsung di menu Galeri – Foto

Penulis : Shesvika Putri Anjani
Foto : Araafi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top