Bimbingan Teknis Pengembangan Instrumen Penilaian 4 Mapel

Melihat Komponen penting dalam implementasi Kurikulum 2013 (K-13) diantaranya
pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang mengembangkan kompetensi sikap, pengetahuan,
dan keterampilan, dengan menekankan pada Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Literasi, dan
pengembangan kecakapan Abad 21 melalui kemampuan 4C’s. (meliputi kemampuan Berfikir
Kritis/ Critical Thinking; Berfikir Kreatif/ Creative Thinking; Kemampuan Berkolaborasi/
Collaborative Skill; dan Kemampuan Berkomunikasi/ Communication Skill).

Kebijakan pelaksanaan penilaian pendidikan yang dilakukan oleh 3 (tiga) unsur, yaitu Penilaian
oleh Pendidik dalam bentuk Penilaian Harian (PH) dan Penilaian Tengah Semester (PTS);
Penilaian oleh Satuan Pendidikan dalam bentuk Penilaian Akhir Semester (PAS), Penilaian
Akhir Tahun (PAT), dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN); serta Penilaian oleh
Pemerintah dalam bentuk Ujian Nasional (UN), maka para pendidik diharapkan memiliki
kompetensi yang memadai dalam mengembangkan instrumen penilaian terstandar.

Sehubungan hal tersebut, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP), tahun 2019
melaksanakan Bimbingan Teknis Pengembangan Instrumen Penilaian 4 (empat) Mata Pelajaran
(Mapel), meliputi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA) bagi guru SMP Satu Atap yang bertempat di Hotel Aston Kupang,
Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari terhitung dari tanggal 12-16 Agustus 2019 dengan
melibatkan peserta 100 guru dari 50 SMP Satu Atap yang ada di 12 Kabupaten/Kota di Nusa
Tenggara Timur dan Narasumber yang berasal dari Pengajar di beberapa Universitas dan
Perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Baca Juga  Kreativitas Puzzle Karya Siswa Matematika

Melalui Bimbingan Teknis Pengembangan Instrumen Penilaian 4 mata pelajaran ini, diharapkan
para guru SMP Satu Atap akan memiliki pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan yang
memadai dalam menyiapkan dan melaksanakan pembelajaran dan penilaian yang baik dan benar
berbasis Kurikulum 2013.

Penulis : Nuryamin Abd Rasyid Pella, S.Pd.I

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top