Bimbingan Teknis Pembinaan UKS – SMP 2019

Bertempat di Hotel Grand Antares Medan, Kegiatan Kelembagaan, Direktorat Pembinaan SMP menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pembinaan UKS/M bagi SMP Tahun 2019. Peserta bimtek yang diundang yakni kepala sekolah atau yang mewakili yang berjumlah 55 sekolah SMP dari wilayah yang berada di Provinsi Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara.

Kegiatan Bimtek ini berlangsung selama tiga hari, dimulai pada tanggal 13 hingga 15 Agustus 2019, Diakhir kegiatan Bimtek Pembinaan UKS/M bagi SMP ini, Direktur Pembinaan SMP, Ibu Poppy Dewi Puspitawati menyampaikan informasi mengenai kebijakan Direktorat Pembinaan SMP yang berkenaan dengan UKS, diantaranya sebagai berikut:

  1. Direktorat Pembinaan SMP telah menetapkan sebanyak 300 sekolah pada jenjang SMP sebagai sekolah yang diikutkan dalam Workshop Pembinaan UKS SMP tahun 2019.
  2. Program Pembinaan UKS merupakan salah satu program yang mensinergikan antara program peningkatan manajemen dan mutu pendidikan, dimana implikasi dari pembinaan ini diharapkan sekolah sebagai agen perubahan tidak hanya memberi manfaat bagi warga sekolah namun lebih luas lagi dapat member dampak bagi lingkungan sekitarnya.
  3. Secara umum pengembangan UKS/M bertujuan untuk membina dan meningkatkan kesehatan anak usia sekolah pada setiap jalur, jenis dan jenjang pendidikan sehingga dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik yang tercermin dalam kehidupan perilaku hidup bersih dan sehat, menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal.

Selain menyampaikan informasi mengenai kebijakan yang berkenaan dengan UKS, Ibu Poppy menyampaikan mengenai literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK) dan mengenai kondisi indeks mutu sekolah SMP di Indonesia.

Baca Juga  Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H

Penulis : Yanuar Asmara, M.Pd

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top