Asistensi Pendidikan Pancasila & Bela Negara bagi Siswa SMP

Pontianak – Direktur Pembinaan SMP, Poppy Dewi Puspitawati membuka secara resmi kegiatan Asistensi Pendidikan Pancasila dan Bela Negara yang diselenggarakan di Kodam XII Tanjungpura, Pontianak.

Kegiatan Asistensi Pendidikan Pancasila dan Bela Negara diikuti oleh 400 peserta dari SMP di Kota Pontianak dan 100 peserta Kabupaten Kuburaya. Kegiatan Asistensi Pendidikan Pancasila dan Bela Negara ini bertujuan untuk menanamkan rasa tanggung jawab di hati siswa dan guru untuk tetap setia, cinta, patuh terhadap Pancasila dan UUD 45.

Bela Negara adalah tekad, sikap, dan perilaku warga negara yang dilakukan secara teratur, menyeluruh, dan terpadu serta dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI berdasarkan pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup Bangsa dan Negara.

Dasar hukum undang-undang tentang upaya bela negara yaitu:

  • Pasal 27 ayat (3) UUD 1945 menyatakan bahwa semua warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.
  • Pasal 30 ayat (1) UUD 1945menyatakan bahwa tiap-tiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

Bela negara adalah bentuk kecintaan kepada negara kesatuan republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Pembelaan negara bukan semata-mata tugas Tentara Nasional Indonesia (TNI), tetapi segenap warga negara sesuai kemampuan dan profesinya. Bela negara jika secara fisik dilakukan dengan mengangkat senjata menghadapi serangan atau agresi musuh, secara non-fisik dapat didefinisikan sebagai segala upaya untuk mempertahankan Negara dengan cara meningkatkan rasa nasionalisme, yakni menanamkan kecintaan terhadap tanah air, serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara

Dalam rangka meningkatkan rasa cinta terhadap negara Indonesia, maka Direktorat Pembinaan SMP, Ditjen Dikdasmen Kemdikbud berupaya keras untuk melaksanakan program-program yang mengarah pada upaya pembelaan kepada negara, salah satu program kegiatan yang dilakukan adalah Asistensi Pendidikan Pancasila dan Bela Negara. Asistensi Pendidikan Pancasila dan Bela Negara ini merupakan bagian dari Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama.

Baca Juga  SMPN 5 Yogyakarta mengharumkan nama Indonesia

Karakter utama yang bersumber dari Pancasila, yang menjadi prioritas pengembangan gerakan PPK yaitu religius, nasionalisme, integritas, kemandirian dan kegotongroyongan.

Silahkan cek di menu Galeri Foto untuk melihat Foto Kegiatan tersebut diatas.

Penulis : Yanuar Asmara, M.Pd

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top