Apresiasi & Kreasi Akademik, Olahraga dan Seni CLC 2019

Apresiasi dan Kreasi Akademik, Olahraga dan Seni Community Learning Center (CLC jenjang SMP Thaun 2019 merupakan ajang pembinaan kesiswaan untuk memupuk minat dan bakat para peserta didik di CLC SMP sekaligus wadah silaturahmi anak-anak Indonesia di Sabah, Malaysia. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 11-14 September 2019 di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK). Pada tahun 2019 ini, di Apkres yang ke-9, diikuti 624 peserta dari 45 CLC SMP Se-Sabah dengan dukungan pembiayaan dari Direktorat Pembinaan SMP, Ditjen Dikdasmen, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui SIKK sebagai sekolah induk.

Kegiatan Apkres 2019 secara resmi dibuka oleh Konsul Jenderal RI Kota Kinabalu yang diwakili oleh Pejabat Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KJRI Kota Kinabalu, Bapak Cahyono Rustam dan dihadiri oleh Kepala Perwakilan RI Tawau, Bapak Sulitijo Djati Ismojo beserta tamu undangan.  Dalam sambutannya, Bapak Cahyono Rustam menekankan pentingnya Apkres sebagai ajang pembentukan karakter peserta didik yang religius dan penuh integritas, siap menang namun juga siap menerima kekalahan. Apkres merupakan alat untuk memotivasi para guru dan peserta didik di CLC menuju capaian paling gemilang, namun menekankan kemenangan bukan tujuan. Usaha keras dalam menyiapkan tentu akan berbanding lurus dengan hasil yang akan dicapai nantinya.

Ada 14 cabang lomba yang dipertandingkan dalam Apkres 2019 yang dikelompokkan dalam 4 kategori, lomba akademik, lomba seni, lomba olahraga dan lomba keterampilan. Semua perlombaan diselenggarakan di SIKK kecuali mata lomba bulu tangkis yang diselenggarakan di hall bulu tangkis Yayasan Sabah. Setiap CLC mengirimkan 14 peserta untuk berlaga di lomba-lomba tersebut dengan didampingi oleh dua guru pendamping. Semua peserta dan pendamping diinapkan di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu.

Totalitas peserta dan guru pendamping tergambar jelas dalam setiap perlombaan yang diselenggarakan. Para peserta dengan segenap kemampuannya menampilan kebolehannya di depan dewan juri/ wasit untuk membuktikan diri sebagai yang terbaik. Persaingan ketat terlihat sekali disemua sektor lomba yang membuat degup jantung semakin cepat, tidak hanya bagi para peserta namun juga para Bapak/Ibu guru pendamping.

Baca Juga  Pemaparan Kebijakan dan Program Direktorat Pembinaan SMP

Selama empat hari perlombaan berlangsung, akhirnya pada hari Sabtu, 14 September 2019, kegiatan Apkres 2019 secara resmi ditutup. Prosesi penutupan dihadiri oleh Konsul Jenderal RI Kota Kinabalu yang diwakili oleh Bapak Cahyono Rustam dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur, Bapak Mokhamad Farid Maruf. Dalam sambutannya, Atdikbud KBRI Kuala Lumpur akan berjuang mengupayakan keikutsertaan anak-anak Indonesia di luar negeri dalam ajang perlombaan di Tanah Air, baik OSN, O2SN maupun FLS2N. Beliau juga berniat mengundang juara-juara seni terutama, untuk dilibatkan dalam even budaya yang diselenggarakan oleh Atdikbud KBRI Kuala Lumpur.

Acara ditutup secara resmi oleh Bapak Cahyono Rustam dilanjutkan pembacaan SK pemenang. Sorak sorai membahana mengiringi pengumuman per kategori lomba. Setiap juara lomba selain mendapatkan piala dan piagam juga berhak atas uang pembinaan RM250,00 untuk Juara 1, RM150,00 untuk Juara 2 dan RM100 untuk Juara 3.Para juara seni juga ditampilkan di depan hadirin yang berjumlah lebih dari 900 orang sebagai wujud akuntabilitas bahwa mereka layak menang, sekaligus menjadi model pembinaan untuk mempersiapkan Apkres tahun depan.

Setelah semua kategori juara diumumkan akhirnya CLC Jeroco kembali berjaya, terpilih sebagai Juara Umum ke 1 dengan menggondol 3 emas dan 2 perunggu sekaligus memboyong piala bergilir dan berhak atas uang pembinaan RM1000,00 (Rp3.450.000,00). Tampil sebagai Juara umum 2, CLC Baturong dengan 2 emas 1 perak sekaligus mendapatkan uang pembinaan RM750,- (±Rp2.500.000,00). Juara Umum 3 diduduki oleh 3 CLC sekaligus dengan perolehan 2 emas yaitu CLC Pegagau, CLC Pahang 2 dan CLC Segaria sehingga uang pembinaan RM500,00 (Rp1.725.000,00) dibagi untuk ketiga CLC.

Selamat kepada para juara, semoga semangat Apkres 2019 dapat menghasilkan prestasi-prestasi yang lebih gemilang di CLC-CLC. Sampai jumpa kembali tahun depan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top