Aplikasi, Internet & Jaringan di lingkungan Kemendikbud RI

Pada pertemuan hari kedua Kegiatan Sosialisasi Penggunaan Website dan Aplikasi Direktorat Pembinaan SMP 2019, Bapak Dwi Sumarwanto S.Si, M.T.I selaku IT Pranata Komputer Pustekom membahas materi terkait infrastruktur serta tata kelola teknologi informasi dan komunikasi pada layanan Kemendikbud.

Bapak Dwi Sumarwanto S.Si, M.T.I mengatakan “Kompleksitas sinergi layanan yang berada pada Kemendikbud memberikan manfaat kepada Peserta Didik, Satuan Pendidikan, Pendidikan dan Tendik, Kementerian Lembaga dan Publik. Layanan tersebut juga berhubungan dengan rangkuman aplikasi yang terdiri dari Infrastructure As A Service, Platform As A Service, Software As A Service yang merupakan tren teknologi dan kebutuhan yang semakin cepat. Adapun hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pengujian aplikasi dalam mengembangkan sistem apapun bentuknya, seperti melakukan pengujian tersebut sebagai mandatory dalam spek, Uji keamanan aplikasi tersebut agar pada saat masuk infrastruktur menjadi aplikasi yang layak pakai”.

Materi selanjutnya dijelaskan oleh Bapak Aryo G. Suropati S.T selaku Analisis Infra & Jaringan Pustekom, beliau memaparkan materi seputar kerangka kerja tata kelola teknologi informasi dan komunikasi dengan menitik beratkan Maintenance pada setiap aplikasi ataupun website yang dikelola, karena bagaimanapun aplikasi dan website butuh pemeliharaan sistem agar terhindar dari file sampah yang menumpuk dan menghindari resiko peretasan. Beliau juga mengingatkan bagaimana pentingnya meningkatan kualitas Operator dan SDM dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top