Apa itu Sekolah Aman Asap?

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia berinisiatif untuk membangun Sekolah Aman Asap di sekolah-sekolah yang terkena dampat dari Karhutla (Kebakaran Hutan Lahan). “Kita akan segera rapatkan kemungkinan untuk membangun atau menyiapkan yang namanya ruang belajar bebas asap, yang sudah ada teknologinya kerja sama dengan Kemendikbud dan ITB yang dilakukan pada 2015 untuk mengatasi asap tahun 2015. Kan kalau ini nanti situasi makin parah, tidak mungkin kita biarkan anak tidak masuk sekolah. Jadi nanti akan kita minta sekolah-sekolah membangun atau men-design merancang ruang belajar jadi ruang belajar bebas asap,” ujar Mendikbud, Muhadjir Effendy di Kemendikbud, Jakarta Pusat.

Sekolah Aman Asap ini akan diprioritaskan yang utama untuk jenjang SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) karena sangat membutuhkan ruang kelas yang bebas asap untuk praktikum, dimana praktikum tersebut tidak bisa dilakukan di rumah”. Muhadjir menjelaskan bahwa membangun ruang kelas bebas asap tidak sulit. Menurutnya, tidak diperlukan teknologi yang rumit, biayanya tergolong murah dan lama pengerjaannya pun hanya memerlukan waktu sekitar 2-3 Hari.

Baca Juga  Tanggapan Peserta RKAS BOS - Region 3 Makassar

Adapun fasilitas untuk melengkapi kebutuhan Sekolah Aman Asap antara lain;

  • Kipas Pembuangan Udara/Exhaust Fan : berfungsi untuk membuang udara kotor/asap yang ada di ruangan kelas
  • Tirai Kain : dimana tirai kain ini akan dipasang diseluruh jendela dan pintu dari sisi dalam ruang kelas tempat belajar siswa agar terjaga selalu dalam keadaan bersih.
  • Akuarium : berfungsi untuk menetralisir udara yang ada di ruangan kelas, dimana akuarium tersebut berisikan ganggang yang kemudian diisi lampu ultraviolet untuk membantu proses fotosintesis
  • Busa Dakron : berfungsi untuk ventilasi udara juga dimana cara pemakaiannya cukup disemprotkan secara berkalasa agar busa dakron tetap lembap.
  • Kipas Angin : agar ruangan menjadi lebih nyaman dan menciptakan suasana udara segar dalam belajar mengajar.
  • Pot Tanaman : adapun untuk media tanaman disini yang lebih diutamakan adalah tanaman lidah mertua, sirih gading, suplir dan lili paris/spider plant.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top