Alat Musik Botol Proyek Pembelajaran Inovatif IPA

Makassar – Bapak Junait S.Pd, M.Si adalah seorang guru IPA yang berasal dari Sulawesi Tenggara bertugas di SMPN 2 Konawe Selatan beliau berpendapat BIMTEK Pembelajaran Inovatif adalah suatu metode yang efektif dan tepat untuk diterapkan pada peserta didik jaman sekarang yang mana pola pikir, kecerdasan dan kecakapan yang jauh lebih baik dari pada jaman sebelum abad 21.

Pada Proyek Pembelajaran Inovatif mata pelajaran IPA mempunyai beberapa Proyek yang dibahas dan salah satunya adalah Alat musik Botol, terbuat dari botol bekas kemudian di kolaborasikan dengan bahan-bahan yang lainnya sehingga menghasilkan bunyi yang mengeluarkan nada.

Baca Juga  Kenali lebih dekat LHKASN-LHKPN

Alat Musik Botol merupakan karya ilmiah yang menghasilkan getaran, gelombang dan bunyi, bahan yang digunakan dapat kita temukan di lingkungan sekolah yaitu botol kaca bekas, pasir dan air. Perbedaan nada dihasilkan dari volume air dan pasir yang dimasukan kedalam botol semakin besar volume maka bunyi yang dihasilkan akan semakin kecil begitu pula sebaliknya.

“Suatu karya ilmiah bisa kita temukan di lingkungan sekitar kita hanya membutuhkan kreativitas untuk menghasilkan yang kita sebut karya ilmiah”.

Penulis : Robitul Ulum, S.Kom

4 thoughts on “Alat Musik Botol Proyek Pembelajaran Inovatif IPA”

  1. Junait, S. Pd., M, Si.

    Admin yth.
    Mohon dikoreksi kami adalah guru dari Propinsi Sulawesi Tenggara bukan Sulawesi Selatan. Asal sekolahnya SMPN 2 Konawe Selatan bukan SMPN 2 Sulawesi Selatan. Mohon dikoreksi (diubah).
    Terima Kasih.
    🙏🙏🙏

    1. Terima Kasih Bapak Junait, S.Pd, M.Si

      Kami pihak Direktorat Pembinaan SMP mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas kelalaian menuliskan Unit Kerja berikut Provinsinya, untuk revisi sudah kami update sesuai dengan yang Bapak sebutkan, sekali lagi terima kasih 🙏🙏🙏

  2. Junait, S. Pd., M. Si.

    Ucapan terima kasih kami juga untuk admin atas responnya yang sangat cepat….
    Tapi kalau tidak merepotkan masih ada yang keliru penulisan nama Propinsinya
    Tertulis : Sulawesi Selatan
    Seharusnya : Sulawesi Tenggara
    Terima kasih sebelumnya.
    Salam hormat kami.
    🙏🙏🙏

    1. Baik Bp. Junait, S.Pd,M.Si
      kami sangat mengapresiasi koreksinya, mohon maaf sekiranya masih ada kesalahan penulisan lagi, sudah kami revisi, silahkan bisa di cek kembali

      Terima Kasih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top