5 November – Hari Kesadaran Tsunami Dunia

Tsunami besar tidak sering terjadi, tetapi menimbulkan ancaman signifikan bagi masyarakat pesisir di seluruh dunia. Secara global, sejak awal abad kedua puluh satu, 48 tsunami telah menyebabkan sekitar $ 300 miliar ($ 2018) kerusakan.

Lebih dari 700 juta orang tinggal di daerah pantai dataran rendah dan Pulau-Pulau Berkembang Pulau Kecil yang terekspos oleh peristiwa-peristiwa ekstrem di permukaan laut termasuk tsunami (IPCC).

Berinvestasi dalam infrastruktur tangguh, sistem peringatan dini, dan pendidikan sangat penting untuk menyelamatkan orang dan melindungi aset mereka terhadap risiko tsunami di masa depan.

Menyadari bahwa bahaya tsunami merupakan ancaman global yang membutuhkan perhatian dan kerja sama internasional, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang ditunjuk hari ini, 5 November, sebagai Hari Kesadaran Tsunami Dunia. Setiap tahun, Kantor PBB untuk Pengurangan Risiko Bencana menyerukan kepada organisasi-organisasi pemerintah dan non-pemerintah, serta individu-individu, untuk merayakan hari itu dengan terlibat dalam upaya meningkatkan kesadaran tsunami dan berbagi pendekatan inovatif untuk pengurangan risiko.

Untuk tahun ketiga berturut-turut, Hari Kesadaran Tsunami Sedunia telah selaras dengan Hari Internasional untuk Pengurangan Bencana dan “Kampanye Tujuh Sendai.” Tahun ini, kedua kampanye ini berfokus pada target ketiga Kerangka Pengurangan Risiko Bencana Sendai, yang bertujuan untuk mengurangi kerugian ekonomi yang terkait dengan bencana.

Baca Juga  Apa itu Palapa Ring Indonesia

Perkiraan kerusakan yang sering dilaporkan dari bencana tidak menceritakan kisah lengkap kerugian ekonomi. Perkiraan ini biasanya hanya melaporkan biaya pasar langsung (Kerugian aset fisik dengan nilai pasar, hal-hal yang dapat dibeli, seperti bangunan dan infrastruktur). Namun, biaya non-pasar langsung dan biaya tidak langsung (Gangguan bisnis, hilangnya mata pencaharian), yang jauh lebih sulit untuk diperkirakan, juga merupakan komponen signifikan dari total kerugian suatu peristiwa, yang efeknya dapat bertahan selama bertahun-tahun. Memperkirakan kerugian ekonomi itu rumit dan tidak tepat, tetapi untuk memudahkan pemulihan, penting untuk memahami dan mengatasi semua jenis potensi kerugian sebelum bencana terjadi.

Untuk mendukung Hari Kesadaran Tsunami Dunia dan membantu mempromosikan budaya global kesadaran tsunami, Layanan Cuaca Nasional memasukkan tsunami dalam kampanye keselamatan musim gugur tahunannya.

Bantu sebarkan berita tentang Hari Kesadaran Tsunami Dunia! Di Web, kunjungi situs web Hari Kesadaran Tsunami Dunia untuk mempelajari lebih lanjut: https://www.unisdr.org/tsunamiday. Di media sosial, gunakan tagar #TsunamiDay #TsunamiPrep #BuildToLast.

Sumber : www.weathernationtv.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top